Record Detail

Image of Pengaruh Kepemilikan Pemerintah, Non-Debt Tax Shield dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance dengan Kualitas Audit sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Negara)

Text

Pengaruh Kepemilikan Pemerintah, Non-Debt Tax Shield dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance dengan Kualitas Audit sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Negara)



Pembimbing: Annathasia P. Erasashanti--Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan pemerintah, non-debt tax shield dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance melalui kualitas audit sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan dari situs resmi BUMN dan situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) periode 2019-2022. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 21 perusahaan BUMN selama tahun 2019-2022. Metode analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi moderasi (moderated regression analysis) dengan menggunakan data panel pada Aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepemilikan pemerintah, non debt tax shield dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap tax avoidance. Kualitas audit mampu memperkuat hubungan antara kepemilikan pemerintah dan tax avoidance dan mampu memperkuat hubungan antara non-debt tax shield terhadap tax avoidance tetapi kualitas audit tidak mampu memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dan tax avoidance.



Availability

SA-242897SA-242897DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-242897
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xvii, 133 hlm.; ilus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-242897
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment