Record Detail

Image of Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Peningkatan Kinerja Penjualan Perusahaan Pada Pt Setiajaya Mobilindo Cimanggis

Text

Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Peningkatan Kinerja Penjualan Perusahaan Pada Pt Setiajaya Mobilindo Cimanggis



Pembimbing: M. Sabarudin Napitupulu -- Penulisan skripsi ini dibuat melalui penelitian yang dilakukan pada PT Setiajaya Mobilindo Cabang Cimanggis dengan tujuan untuk meneliti SIA Siklus Pendapatan yang terdiri dari Prosedur dan Pengendalian Intern. Landasan teori yang digunakan adalah mengenai acuan pengertian tentang sistem, informasi, akuntansi, sistem informasi, sistem akuntansi, sistem informasi akuntansi penjualan, dan pengendalian intern. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif karena penelitian ini membandingkan teori-teori yang ada dengan praktek di lapangan dan mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yang sudah sesuai dengan teori adalah untuk Prosedur : dalam hal sumber pemesanan PO, start awal prosedur penjualan (SO/SPK), proses pencatatan, dan output (uang masuk). Penerapan yang lebih baik dari teori adalah dalam hal proses pengiriman barang, khususnya tentang dokumen pengiriman yang lebih lengkap dilakukan oleh obyek penelitian. Selanjutnya, yang masih memerlukan perbaikan adalah pada bagian laporan, khususnya laporan hasil penjualan yang seharusnya berisikan hasil penjualan dan analisa dari hasil tersebut, serta adanya saran dan rekomendasi yang dihasilkan dari analisa tersebut. Berikutnya, hasil penelitian untuk bagian Pengendalian Intern : secara keseluruhan sudah sesuai dengan teori yaitu pada bagian lingkungan pengendalian, penilaian resiko, informasi dan komunikasi, pengawasan dan follow up, serta kegiatan pengendalian. Akhirnya bagi yang sudah sesuai maupun lebih baik dari acuan teori tetap diperlukan untuk pemutahiran dan perbaikan peningkatannya agar perusahaan tetap memiliki keunggulan daya saing berkesinambungan serta menjadi pilihan utama dan pertama bagi para pelanggannya/konsumen. Sedangkan bagi yang belum sesuai dengan acuan teori, harus segera diperbaiki demi dan untuk tetap mendukung keunggulan daya saing secara berkesinambungan.



Availability

SA-222397SA-222397DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222397
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xiv, 82 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222397
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment