Record Detail

Image of Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Text

Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)



Pembimbing: Kara Moestafa -- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh good corporate governance, leverage, dan profitabilitas terhadap penghindaran pajak. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah good corporate governance (diuji dengan menggunakan 3 subvariabel yaitu proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, dan komite audit), leverage, dan profitabilitas, serta penghindaran pajak sebagai variabel dependen. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dan sebanyak 60 perusahaan terpilih sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial subvariabel proporsi dewan komisaris independen, variabel leverage, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Sedangkan secara parsial subvariabel kepemilikan institusional dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Selain itu dari hasil penelitian menunjukkan bahwa subvariabel proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, komite audit, serta variabel leverage, dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap penghindaran pajak.



Availability

SA-222372SA-222372DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222372
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xv, 83 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222372
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment