Record Detail

Image of Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Text

Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)



Pembimbing : Jasman -- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan corporate social responsibility (csr), profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan (firm size) sebagai variabel bebas (independent) terhadap tax avoidance sebagai variabel terikat (dependent). Pada proses perhitungannya csr dihitung dengan corporate social responsibility index yang mengacu pada indeks GRI 4.0, profitabilitas dihitung menggunakan rasio return on assets dengan rumus perhitungan laba setelah pajak dibagi dengan total aset, untuk leverage dihitung dengan menggunakan rasio debt to equity ratio, yakni dengan membagi total hutang dengan total modal, sementara ukuran perusahan diukur dari nilai logn dari total aset perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam jenis explanatory research dengan sampel yang digunakan dalam Penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Terdapat 11 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel Penelitian sehingga data Penelitian berjumlah 55. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan sampel ialah dengan menggunakan purposive sampling. Teknis analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda . Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan estimasi regresi panel. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Corporate Social Responsibility berpengaruf negatif dan signifikan terhadap Tax Avoidance, (2) Profitabilitas berpengaruf positif dan signifikan terhadap Tax Avoidance, (3) Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Tax Avoidance, (4) Ukuran Perusahaan (Firm Size) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Tax Avoidance. Koefesien determinasi sebesar 36,4% yang menunjukkan bahwa 36,4% tindakan tax avoidance dipengaruhi oleh keempat variabel yang digunakan dalam Penelitian ini, sementara sisanya 63,6%



Availability

SA-222215SA-222215DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222215
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
vii, 104 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222215
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment