Record Detail

Image of Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba Riil (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016- 2018)

Text

Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba Riil (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016- 2018)



Pembimbing : Inung Wijayanti -- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance dan kualitas audit terhadap manajemen laba riil, pada perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016- 2018. Pengukuran mekanisme good corporate governance menggunakan pendekatan struktural terdiri dari persentase kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen dan keberadaan komite audit. Kualitas audit menggunakan pengukuran ukuran kantor akuntan publik. Sementara, manajemen laba menggunakan pendekatan riil dengan arus kas abnormal dari operasi. Penelitian ini menggunakan metode pursposive sampling. Sampel terdapat 35 perusahaan. Analisa menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian, mengindikasikan bahwa mekanisme good corporate governance menggunakan proksi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan komite audit dan kualitas audit mempunyayi pengaruh terhadap manajemen laba riil, sementara komisaris independen tidak mempunyayi pengaruh terhadap manajemen laba riil. Artinya semakin besar kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial dapat mengurangi manajemen laba riil oleh perusahaan. Komite audit dan kualitas audit tidak menjamin laporan keuangan perusahaan bebas dari manajemen laba. Sementara, komisaris independen tidak mempengaruhi perilaku manajer dalam melakukan praktik manajemen laba riil



Availability

SA-222192SA-222192DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222192
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xv, 90 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222192
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment