Record Detail

Image of Pengaruh Peristiwa Pengumuman Kpu Atas Kemenangan Jokowi Sebagai Presiden Ri 2019 Terhadap Abnormal Return (Event Study Pada Saham Lq 45 Di Bursa Efek Indonesia)

Text

Pengaruh Peristiwa Pengumuman Kpu Atas Kemenangan Jokowi Sebagai Presiden Ri 2019 Terhadap Abnormal Return (Event Study Pada Saham Lq 45 Di Bursa Efek Indonesia)



Pembimbing : Jasman -- Peristiwa politik merupakan salah satu faktor non-ekonomi yang dapat berpengaruh pada kondisi pasar modal. Pemilihan umum presiden merupakan salah satu momen politik yang sangat berpotensi mempengaruhi para pelaku pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan abnormal return sebelum dan setelah pengumuman KPU atas kemenangan Jokowi sebagai Presiden RI 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap abnormal return selama 5 hari sebelum, event date, dan 5 hari sesudah peristiwa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui yahoo finance meliputi harga saham penutupan harian, indeks LQ45. Model yang digunakan untuk mengestimasi expected return adalah market adjusted model. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sampel sebanyak 39 perusahaan perusahaan dari LQ45. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return saham perusahaan kelompok LQ45, hanya pada saat dan setelah pengumuman KPU yang menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang menunjukkan adanya reaksi pasar modal terhdap perisrtiwa ini yang berdampak pada pengambilan keputusan pemegang saham.



Availability

SA-222180SA-222180DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222180
Publisher Perbanas Instittute : Jakarta.,
Collation
xv, 85 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222180
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment