Record Detail

Image of Analisis Pengakuan Pendapatan Dan Biaya Berdasarkan Psak 34 (Revisi 2014) Pada Perusahaan Konstruksi (Studi Kasus Pada Pt Xyz)

Text

Analisis Pengakuan Pendapatan Dan Biaya Berdasarkan Psak 34 (Revisi 2014) Pada Perusahaan Konstruksi (Studi Kasus Pada Pt Xyz)



Pembimbing : Eko Supriyanto Hadi -- Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh dari penerapan PSAK 34 (Revisi 2014) khususnya mengenai kontrak konstruksi terhadap pengakuan pendapatan dan biaya pada PT XYZ. Objek penelitian ini adalah PT XYZ, yaitu perusahaan kontraktor yang berdiri sejak tahun 2010 dan bergerak di bidang civil electrical and mechanical engineering, pengadaan, dan jasa konstruksi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada lingkup PT XYZ. Data yang diperoleh dari perusahaan berupa general ledger, laporan laba rugi dan laporan progres proyek. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari objek penelitian PT XYZ berupa wawancara secara tidak terstruktur yang berhubungan dengan objek penelitian. Sedangkan untuk data sekunder dari penelitian ini di peroleh dari dokumentasi perusahaan berupa laporan progres proyek laporan laba atau rugi serta perjanjian kontrak kerja. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa PT XYZ telah menerapkan PSAK 34 (Revisi 2014) untuk indikator Pengukuran Pendapatan, Penyimpangan Kontrak, Pembayaran Insentif, Biaya Kontrak, dan Pengakuan Pendapatan dan Biaya Kontrak. Sementara itu, hal-hal yang tidak sesuai dengan PSAK 34 (Revisi 2014) untuk indikator Klasifikasi Biaya Konstruksi, dan Perhitungan Persentase Penyelesaian.



Availability

SA-222018SA-222018DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222018
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xiii, 85 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222018
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment