Record Detail
Text
Analisis Sistem Informasi Akuntansi Siklus Sistem Pengajuan Dan Pembayaran Klaim Pada Pt Asuransi Xyz
Pembimbing : M. Sabarudin Napitupulu -- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sistem informasi akuntansi siklus pengajuan dan pengeluaran pembayaran klaim pada PT Asuransi XYZ dan untuk menganalisis apakah pengendalian internal sistem informasi akuntansi siklus pembayaran klaim pada PT Asuransi XYZ sudah sesuai dengan teori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di PT Asuransi XYZ karena Penulis adalah karyawan di perusahaan ini. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Siklus Sistem Pengajuan Klaim menurut teori terdapat 3 prosedur yaitu identifikasi klaim, verifikasi klaim, pencatatan klaim. PT Asuransi XYZ sudah menerapkan ketiga prosedur tersebut, hal ini berdampak baik bagi perusahaan sehingga berpeluang untuk berdaya saing. Untuk Sistem Informasi Akuntansi Siklus Sistem Pembayaran Klaim menurut teori terdapat prosedur yaitu pengecekan tanggal jatuh tempo pembayaran, prosedur penyiapan pembayaran klaim, proses pembayaran dan pelaporan pertanggung jawaban pembayaran klaim. PT Asuransi XYZ hanya menerapkan sudah melakukan keempat prosedur yang ada, namun ditemukan perbedaan pada prosedur pelaporan pertanggung jawaban pembayaran klaim yaitu perusahaan menyajikan laporan tersebut hanya berupa data saja sehingga belum dijadikan laporan kinerja, padahal untuk poin ini dapat me-monitoring kinerja agar lebih optimal. Untuk Pengendalian Internal Sistem Informasi Akuntansi Siklus Sistem Pengajuan dan Pembayaran Klaim yang diterapkan perusahaan berdasarkan teori Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO) yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pengawasan telah berjalan dengan baik, dalam hal ini pengendalian internal sistem informasi akuntansi sistem pengajuan dan pembayaran klaim perusahaan sudah memadai. Perusahaan harus mempertahankan penerapan ini supaya berpeluang untuk berdaya saing di industri perasuransian. Untuk meningkatkan keunggulan perushaan dalam hal ini perusahaan harus update dan upgrade sistem aplikasi komputerisasi untuk meningkatkan service ke tertanggung/ bengkel. Selain itu perusahaan harus lebih responsif untuk menangani keluhan tertanggung serta meningkatkan standar layanan agar tetap menjadi pilihan pelanggan dan menarik pelanggan baru untuk bergabung
Availability
SA-221944 | SA-221944 | Digital | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
SA-221944
|
Publisher | Perbanas Institute : Jakarta., 2017 |
Collation |
ix, 90 hlm.: illus
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
SA-221944
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
Carrier Type |
-
|
Edition |
S1 Akuntansi
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available