Record Detail

Image of Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2019)

Text

Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2019)



Pembimbing : Zaenal Abidin -- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Mekanisme good corporate governance yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepemilikan institusional, komisaris independen, dewan direksi, dan komite audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda yang meliputi uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi Eviews versi 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan nstitusional berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA) dan komite audit secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Sedangkan, secara parsial komisaris independen dan dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Secara simultan, kepemilikan institusional, komisaris independen, dewan direksi, dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).



Availability

SA-221891SA-221891Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-221891
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
x, 112 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-221891
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment