Record Detail

Image of Pengaruh Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Penghasilan Wajib Pajak Umkm (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Jakarta Gambir Tiga)

Text

Pengaruh Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Penghasilan Wajib Pajak Umkm (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Jakarta Gambir Tiga)



Pembimbing : John L Hutagaol -- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penurunan tarif pajak penghasilan atas Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu sesudah diterapkannya penurunan tarif Pajak Penghasilan atas Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018. Kebijakan penurunan tarif pajak sesuai PP Nomor 23 Tahun 2018 menjadi salah satu tantangan bagi Direktorat Jenderal Pajak dalam usahanya meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak yang berdampak pada pencapaian target penerimaan pajak. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai pengaruh yang ditimbulkan atas penerbitan peraturan tersebut terhadap penerimaan pajak melalui studi kasus.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari KPP Pratama Jakarta Gambir Tiga tahun 2017-2019. Hasil penelitian menemukan bahwa penurunan tarif pajak penghasilan berpengaruh positif terhadap kepatuhan pembayaran pajak penghasilan UMKM yang ditunjukkan dengan penurunan jumlah setoran pajak penghasilan, namun tidak sebesar penurunan tarif dan adanya kenaikan jumlah pembayar pajak penghasilan UMKM. Kebijakan penurunan tarif pajak pada PP Nomor 23 Tahun 2018 mampu meningkatkan kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan UMKM dan sejalan dengan tujuan ditetapkannya aturan tersebut pada KPP Pratama Jakarta Gambir Tiga.



Availability

SA-221863SA-221863DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-221863
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xvii, 65 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-221863
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment