Record Detail

Image of Pengaruh Efektivitas Komite Audit, Kepemilikan Manajerial Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Kimia Dasar Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

Text

Pengaruh Efektivitas Komite Audit, Kepemilikan Manajerial Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Kimia Dasar Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)



Pembimbing : Imam Wahyudi -- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh efektivitas komite audit, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari efektivitas komite audit yang di proksikan dengan frekuensi pertemuan komite audit, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen dan manajemen laba rill yang diukuran dengan Abnormal Cash Flow Operations (Abn. CFO), Abnormal Production Cost (Abn. PROD), dan Abnormal Discretionary Expenses (Abn. DISC) sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini terdiri atas perusahaan manufaktur sektor industri kimia dasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purpossive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 32 perusahaan manufaktur sektor industry kimia dan dasar berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas komite audit yang di proksikan dengan frekuensi pertemuan komite audit, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan secara simultan memeiliki pengaruh terhadap manajemen laba. selain itu penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan frekuensi pertemuan komite audit dan kepemilikan manajerial secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.



Availability

SA-221855SA-221855DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-221855
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xiii, 99 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-221855
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment