Record Detail

Image of Usability Testing Ux Aplikasi Bpjstku Menggunakan Metode Pieces

Text

Usability Testing Ux Aplikasi Bpjstku Menggunakan Metode Pieces



Pembimbing: Ki Pramono H-- Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi BPJSTKU terhadapat pengguna. Dengan pengujian Usability menunjukkan suatu ukuran pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari sebuah sistem dengan efektif, efesien, dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu. Dan menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control and Security, Efficiency, and Service) dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantatif. Sumber data adalah pengguna baru dan pengguna lama BPJSTKU yang berisi 24 pertanyaan dengan menggunakan skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Dari keseluruhan kuesioner yang dapat digunakan adalah 100 responden dengan menggunakan alat bantu perangkat lunak IBM SPSS Statistics untuk mengolah data hasil pengujian usability.
Pengujian dilakukan dengan perhitungan dan analisa data menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control and Security, Efficiency, and Service) dinilai sangat efektif karena menganalisa sistem pervariabel. Hasil dari analisa data menunjukan bahwa seluruh variable PIECES (Performance, Information, Economic, Control and Security, Efficiency, and Service) mendapat kategori puas sehingga bisa dikatakan bahwa aplikasi BPJSTKU berperan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan hasil yang memuaskan kepada peserta.



Availability

SSI-220200SSI-220200Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SSI-220200
Publisher Perbanas Instittute : Jakarta.,
Collation
vii, 102 hlm.: ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SSI-220200
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Sistem Informasi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment