Record Detail

Image of Peran Aura Religiositas Merek  Dalam Menciptakan Words Of Mouth (WOM) Bagi Pembiayaan Bank Syariah Guna Mengembangkan Umkm di Indonesia

Text

Peran Aura Religiositas Merek Dalam Menciptakan Words Of Mouth (WOM) Bagi Pembiayaan Bank Syariah Guna Mengembangkan Umkm di Indonesia



Kepribadian Merek yang kuat pada sebuah produk pembiayaan syariah dapat meningkatkan usaha UMKM dan dapat membentuk ikatan emosional bagi para kreditur. Para kreditur yang mempunyai hubungan dengan merek bisa dengan cepat mendapatkan manfaat lebih atas pembiayaan diberikan bank umum syariah. Hal ini tentu akan menguntungkan pihak Bank Umum Syariah (BUS) yang menyalurkan dananya kepada UMKM dan tentu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena pertumbuhan usaha meningkat serta jumlah UMKM di Indonesia kurang lebih 90%).
Tujuan penelitian ini mengembangkan model teoretikal dasar pengaruh kepribadian merek, aura religiositas merek, mampu meningkatkan ikatan emosional, dampaknya pada loyalitas serta Wouth of Mouth (WOM). WOM positif sangat menguntungkan pihak perbankan, karena merupakan asset bagi bank Umum Syariah. Dengan demikian akan menurunkan biaya promosi yang dikeluarkan.
Populasi penelitian adalah para penerima pembiayaan (kreditur Bank Umum Syariah) yang ada pada kota Kudus, Pekalongan dan Kudus. Teknik pengambilan sampel berdasarkan non probabilitas. Metode penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Kriteria sampel yang dipilih adalah para kreditur yang mendapatkan pembiayaan dari Bank Umum Syariah yang berusia minimal tujuh belas tahun ke atas, minimal telah mendapatkan dua kali dana pembiayaan. Jenis data primer dan metode pengumpulan daya dengan kuesioner dengan skala pengukuran interval dengan skala 1-10. Menggunakan data sebanyak 155 data dari responden. Selanjutnya teknis analisis menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program AMOS (Analysis of Moment Structure) 21.0.
Penelitian ini memiliki enam hipotesis. Hasil analisis menunjukkan 4 hipotesis berpengaruh positif dan signifikan dan 2 hipotesis tidak berpengaruh. Brand personality berhasil mempengaruhi brand religiosity auras dan selanjutnya brand religiosity aura berpengaruh terhadap brand emosional attacment, brand emotional attacment terhadap brand loyalty dan WOM. Tetapi hubungan langsung brand personality tidak berpengaruh terhadap brand loyalty dan WOM. Marketer sebaiknya membuat kegiatan yang dapat meningkatkan produk pembiayaan sampai pada benak konsumen dan selalu memberikan komunikasi positif kepada calon konsumen baru,
Keywords : Brand Personality, Aura Of Religiosity Brand, brand Emotional attachment, brand loyalty and Wouth of Mouth, Islamic Banks



Availability

A-000130A-000130DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
A-000130
Publisher Perbanas Institute : .,
Collation
20 hlm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
A-000130
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
Silakan hubungi penulis untuk mendapatkan penelitian ini secara lengkap
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available