Record Detail

Image of Pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba melalui aktivitas rill (studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014-2016)

Text

Pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba melalui aktivitas rill (studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014-2016)



Pembimbing: Jasman -- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba rill. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, dan komite audit independen. Sedangkan, variabel terikat yang digunakan adalah manajemen laba rill. Terdapat tiga jenis aktivitas manajemen laba rill yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu manajemen laba rill melalui manipulasi penjualan, produksi yang berlebihan, dan penurunan beban diskresioner. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 hingga 2016. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap manajemen laba rill, sedangkan kepemilikan instituisonal, komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris dan komite audit independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba rill.



Availability

SA-201600SA-201600Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-201600
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xv, 116 hlm.: ilus.; 28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-201600
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment