Record Detail

Image of Keterkaitan antara penyaluran kredit umkm dan pertumbuhan ekonomi: analisis komparasi level nasional dan level propinsi

Text

Keterkaitan antara penyaluran kredit umkm dan pertumbuhan ekonomi: analisis komparasi level nasional dan level propinsi



Pembimbing: Dyah Nirmalawati -- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara penyaluran kredit UMKM dan pertumbuhan ekonomi: analisis komparasi level nasional dan level propinsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh propinsi di Indonesia yang laporannya dimuat di Statistik Ekonomi Keuangan Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan model yang digunakan adalah fixed effect yang diolah dengan menggunakan Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit UMKM mempunyai dampak positif secara statistik terhadap pertumbuhan ekonomi di level nasional maupun level propinsi. demikian pula pertumbuhan ekonomi mempunyai dampak positif secara statistik terhadap kredit UMKM di level nasional maupun propinsi. Namun dengan analisis lebih lanjut terlihat bahwa masing-masing propinsi tidak sama, meskipun secara totalnya adalah positif. Ada Propinsi yang positif dan ada yang negatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterkaitan antara kredit UMKM dan pertumbuhan ekonomi di level nasional adalah positif, sementara di level propinsi secara total adalah positif dan jika dilihat pada masing-masing propinsi tidak sama.



Availability

SM-201350SM-201350Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SM-201350
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xi, 85 hlm.:ilus.; 28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SM-201350
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
Koleksi ini juga tersedia dalam bentuk softcopy. Untuk dapat mengakses softcopy, pemustaka wajib melakukan login ke Member Area dengan menggunakan NIM/No.Reg (sebagai Member ID) dan password.
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment