Record Detail

Image of Potensi finansial teknologi berbasis crowdfunding dan peer-to-peer lending syariah dalam menjangkau pembiayaan non-bank

Text

Potensi finansial teknologi berbasis crowdfunding dan peer-to-peer lending syariah dalam menjangkau pembiayaan non-bank



Pembimbing: Muhammad Iqbal -- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi finansial teknologi (FinTek) berbasis crowdfunding dan peer-to-peer lending Syariah dalam menjangkau pembiayaan non-bank dan meningkatkan inklusifitas keuangan di Indonesia.. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat FinTek berbasis crowdfunding dan peer-to-peer lending yang menggunakan prinsip syariah di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara kepada para pelaku FinTek dan mempelajari literatur yang berkaitan dengan judul penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian dengan menggunakan model analisis SWOT menemukan bahwa FinTek Crowdfunding dan Peer-to-Peer Lending Syariah bukanlah ancaman bagi lembaga keuangan pembiayaan syariah serta dapat meningkatkan penetrasi industri keuangan Syariah di Indonesia karena keefisienan biaya, kemudahan akses dan kecepatan penyaluran pembiayaan serta rendahnya tingkat kegagalan pembiayaan yang disalurkan. Namun, belum adanya regulasi yang mengatur dan belum banyak terdaftarnya FinTek Syariah serta banyaknya FinTek Syariah yang belum memiliki Dewan Pengawas Syariah dapat menjadi kendala tersendiri bagi para pelaku FinTek Syariah.



Availability

SM-201327SM-201327Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SM-201327
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xvi, 69 hlm.:ilus.; 28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SM-201327
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
Koleksi ini juga tersedia dalam bentuk softcopy. Untuk dapat mengakses softcopy, pemustaka wajib melakukan login ke Member Area dengan menggunakan NIM/No.Reg (sebagai Member ID) dan password.
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment