Record Detail

Image of Analisis capital budgeting sebagai alat untuk pengambilan keputusan atas investasi pada proyek vendor held stock (vhs) pt pertamina ep (exploration and production)

Text

Analisis capital budgeting sebagai alat untuk pengambilan keputusan atas investasi pada proyek vendor held stock (vhs) pt pertamina ep (exploration and production)



PEMBIMBING: Henny Ritha_Perusahaan bersaing dengan memanfaatkan investasi sumber dayanyadengan maksimal. Investasi menjadi hal penting bagi perusahaan karenasecara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kelangsunganhidup perusahaan. Kebijaksanaan atas investasi yang diambil harusdievaluasi secara cermat dan teliti dengan memperhitungkan segalakemungkinan yang akan terjadi dimasa mendatang. Salah satu contohinvestasi pada perusahaan adalah investasi pembangunan proyek VHSPertamina EP di perusahaan PT Pertamina Patra Niaga. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan investasi ditinjaudengan metode Capital Budgeting. Alat analisis yang digunakan olehpenulis yaitu alat analisis kuantitatif dengan menggunakan metode PaybackPeriod (PP); Net Present Value (NPV); Internal Rate of Return (IRR); danProfitability Index (PI).Adapun hasil penelitian investasi proyek VHS Pertamina EPmenggunakan alat analisis PP = (6 tahun); NPV = (50,491,616,053); IRR =(21%) dan PI = (1.3). Maka berdasarkan hasil dari analisis penelitian,kelayakan investasi proyek VHS Pertamina EP dari aspek keuangan telahmemenuhi tingkatkelayakan yang diinginkan, seperti metode paybackperiod menunjukkan pengembalian ditahun ke-6, net present value yangbernilai positif, internal rate of return lebih besar dari tingkat bunga yangdisyaratkan, dan profitability indeks yang lebih besar dari 1. Saran yang bisadiberikan adalah harus dilakukan megosiasi kembali dengan PT Pertaminaperihal penambahan jangka waktu kerjasama dan atau perubahan tarif.



Availability

SM-191160SM-191160Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SM-191160
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xiii,102hlm.;illus.;28cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SM-191160
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
Koleksi ini juga tersedia dalam bentuk softcopy. Untuk dapat mengakses softcopy, pemustaka wajib melakukan login ke Member Area dengan menggunakan NIM/No.Reg sebagai Member ID dan password. Hubungi pustakawan melalui email ke perbanas.library@perbanas.id atau reza.fauzi@perbanas.id untuk mendapatkan password.
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment