Record Detail

Image of Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dengan mediasi kebijakan struktur modal (studi kasus pada perusahaan badan usaha milik negara yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012-2016)

Text

Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dengan mediasi kebijakan struktur modal (studi kasus pada perusahaan badan usaha milik negara yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012-2016)



PEMBIMBING:Avilliani_Berdasarkan teori agensi, pembiayaan hutang dapat digunakan sebagai salah satu alat yang berguna dari tata kelola untuk mengurangi konflik kepentingan antara agen dan principal. Keberhasilan dalam pemilihan modal merupakan kunci dalam mencapai kinerja perusahaan yang optimal. Pada penelitian ini akan diuji mengenai hubungan antara penerapan good corporate governance terhadap kebijakan struktur modal dan kinerja keuangan perusahaan, serta melihat seberapa besar pengaruh kebijakan struktur modal memediasi penerapan good corporate governance terhadap kinerja keuangan pada Badan Usaha Badan Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 - 2016 dengan sampel yang diambil sejumlah 12 Perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen dan konsentrasi kepemilikan untuk pengukuran penerapan good corporate governance. Debt to equity ratio untuk kebijakan struktur modal dan Return on Equity untuk kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk melihat pengaruh antara variabel serta analisis jalur untuk melihat seberapa besar mediasi kebijakan struktur modal terhadap penerapan Good Corporate Governance dan kinerja keuangan. Ukuran dewan direksi dan konsentrasi kepemilikan memiliki arah hubungan negatif terhadap struktur modal, sedangkan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kebijakan struktur modal. Proporsi komisaris independen secara parsial memiliki pengaruh dengan arah positif terhadap kinerja keuangan serta ukuran dewan direksi dan Konsentrasi kepemilikan juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap kinerja keuangan namun dengan arah hubungan negatif. Struktur modal memediasi hubungan antara ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen serta konsentrasi kepemilikan terhadap kinerja keuangan dengan masing-masing total pengaruh ukuran dewan direksi dengan kinerja keuangan sebesar -0,200747, proporsi komisaris Independen dengan kinerja keuangan sebesar 0,248446 dan Konsentrasi kepemilikan dengan kinerja keuangan sebesar -0,512085.



Availability

TM-190429TM-190429Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TM-190429
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
ix,97hlm.;illus.;28cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TM-190429
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S2 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
Koleksi ini juga tersedia dalam bentuk softcopy. Untuk dapat mengakses softcopy, pemustaka wajib melakukan login ke Member Area dengan menggunakan NIM/No.Reg sebagai Member ID dan password. Hubungi pustakawan melalui email ke perbanas.library@perbanas.id atau reza.fauzi@perbanas.id untuk mendapatkan password.
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment