Record Detail

Image of Analisis pengaruh parameter credit scoring terhadap kualitas pembiayaan kpr flpp menggunakan metode vecm (studi kasus di bank bri syariah)

Text

Analisis pengaruh parameter credit scoring terhadap kualitas pembiayaan kpr flpp menggunakan metode vecm (studi kasus di bank bri syariah)



PEMBIMBING:Selamet Riyadi_KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) merupakan salah satu produk pembiayaan Bank Brisyariah berjangka waktu panjang dan mempunyai trend peningkatan dalam 3 tahun terakhir, namun diikuti juga dengan kualitas pembiayaan bermasalah yang terus meningkat. Penelitian ini menganalisis parameter yang mempengaruhi pembiayaan bermasalah, data time series bulanan seluruh populasi debitur KPR FLPP mulai dari Januari 2014 hingga Desember 2016 digunakan sebagai sumber data. Dalam proses analisa pembiayaan KPR FLPP menggunakan Credit Scoring Model dimana hasil uji analisismenggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter signifikan yang berpengaruh dalam pembiayaan bermasalah adalah LTV (Loan to value) agunan, saldo mengendap/diblokir, pendapatan bersih per bulan dan besarnya plafond. Dalam periode jangka waktu pendek dan panjang parameter yang dominan berpengaruh terhadap pembiayaan bermasalah adalah LTV agunan. Kajian ini akan berdampak pada kebijakan Bank dalam menerapkan strategi untuk melakukan evaluasi dan perbaikan standar penilaian atas debitur sehingga kualitas pembiyaaan dapat terjaga dalam jangka waktu yang Panjang dan tidak mengalami trend pemburukan.



Availability

TM-190419TM-190419Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TM-190419
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xiv,75hlm.;illus.;28cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TM-190419
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S2 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
Koleksi ini juga tersedia dalam bentuk softcopy. Untuk dapat mengakses softcopy, pemustaka wajib melakukan login ke Member Area dengan menggunakan NIM/No.Reg sebagai Member ID dan password. Hubungi pustakawan melalui email ke perbanas.library@perbanas.id atau reza.fauzi@perbanas.id untuk mendapatkan password.
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment