Record Detail

Image of Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan kepuasan customer terhadap loyalitas customer (studi kasus pada pt. Pertamina patra niaga)

Text

Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan kepuasan customer terhadap loyalitas customer (studi kasus pada pt. Pertamina patra niaga)



PEMBIMBING:Agus Salim_Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada PT Pertamina Patra Niaga. Pada saat ini ada sekitar delapan puluh empat (84) perusahaan yang terdaftar sebagai pemegang izin niaga umum dan lima (5) perusahaan diantaranya menjadi pesaing langsung PT Pertamina Patra Niaga yaitu Shell, Aneka Kimia Raya (AKR), Petronas, Petro Andalan dan Medco. Karena semakin tingginya persaingan di usaha minyak dan gas, maka manajemen perusahaan harus tepat dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan strategi bersiang perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah customer perusahaan yang sudah menjadi pelanggan PT Pertamina Patra Niaga yang berjumlah 50 pelanggan. Sehingga sampel dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan produk PT Pertamina Patra Niaga. Pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji T, uji koefisien determinasi, dan disertai dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil pengujian hipotesis regresi menunjukkan Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Pertamina Patra Niaga di mana thitung lebih besar dari ttabel atau hipotesis penelitian H a1 tidak ditolak, nilai r-square menunjukkan kontribusi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar hasil pengujian hipotesis regresi menunjukkan Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Pertamina Patra Niaga di mana thitung lebih besar dari ttabel atau hipotesis penelitian Ha2 tidak ditolak, nilai r-square menunjukkan kontribusi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar.



Availability

SM-170936SM-170936Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SM-170936
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xvi;89hlm.:ilus.; 30cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SM-170936
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment