Record Detail
Text
Pengaruh faktor sosial, faktor budaya dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen smartphone samsung
PEMBIMBING:I.Hardy Winarta_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen smartphone Samsung di wilayah Jakarta Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kausalitas, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah semua konsumen smartphone Samsung di wilayah Jakarta Selatan; sedangkan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100, yang ditetapkan menggunakan ketentuan bahwa dalam penelitian multivariate besarnya sampel ditentukan sebanyak 25 kali jumlah variabel independen. (Ferdinand, 2006:225), dan yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada sampel atau responden penelitian yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Setelah dilakukan uji asumsi klasik/model regresi, kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan alat analisis meliputi: uji korelasi, regresi, koefisien determinasi dan uji hipotesis.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Smartphone Samsung. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung > nilai t-tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005; (2) Terdapat pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen Smartphone Samsung. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung > nilai t-tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005; (3) Terdapat pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen Smartphone Samsung. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung > nilai t-tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005; (4) Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = -1.434 + 0,284 X 1 + 0,346 X 2 + 0,402 X3. Dari persamaan tersebut diketahui bahwa di antara faktor-faktor sosial, pribadi dan psikologis, faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen produk Smartphone Samsung adalah faktor psikologis.
Availability
SM-170930 | SM-170930 | Perpustakaan Pusat | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
SM-170930
|
Publisher | Perbanas Institute : Jakarta., 2016 |
Collation |
xii;123hlm.:ilus.; 30cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
SM-170930
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
Carrier Type |
-
|
Edition |
S1 Manajemen
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available