Record Detail

Image of Analisis dan perancangan knowledge management system pada bagian service center di pt. Pratesis dengan menggunakan metodologi knowledge management solutions

Text

Analisis dan perancangan knowledge management system pada bagian service center di pt. Pratesis dengan menggunakan metodologi knowledge management solutions



PEMBIMBING:Elliana Gautama_Pengetahuan adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja perusahaan. Bagian service center pada PT Pratesis selama ini hanya menyimpan pengetahuan secara pribadi dan pegawainya tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Bagian service center bertugas untuk menangani permasalahan-permasalahan yang disampaikan oleh pelanggan dan membutuhkan pelayanan serta solusi yang cepat. Permasalahan yang disampaikan pelanggan kebanyakan adalah permasalahan yang sudah pernah terjadi sebelumnya, tetapi solusinya hanya diketahui secara pribadi oleh pegawai tanpa ada media yang menampung masalah dan solusi. Akibatnya, ketika yang menangani masalah adalah pegawai baru atau pegawai yang belum pernah menangani masalah tersebut, maka akan menjadi lebih lama untuk menemukan solusinya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang sebuah knowledge management system yang dapat mengelola pengetahuan, informasi, serta solusi untuk permasalahan pada bagian service center PT Pratesis. Analisis dan perancangan dilakukan dengan menggunakan metodologi knowledge management solution yang dikembangkan oleh Fernandez karena bersifat sederhana dan cocok diterapkan untuk perusahaan berskala kecil. Dari hasil analisis kebutuhan knowledge management pada bagian service center diperoleh prioritas pengembangan proses-proses knowledge management system, yaitu direction, socialization for knowledge sharing, internalization, exchange. Berdasarkan proses-proses tersebut, maka rancangan knowledge management system yang sesuai untuk bagian service center PT Pratesis adalah knowledge management system yang memiliki teknologi chatting, discussion forum, issue management, document management, dan online library.



Availability

SSI-170086SSI-170086Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SSI-170086
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
vii;111hlm.:ilus.; 30cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SSI-170086
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Sistem Informasi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment