Record Detail

Image of Pengaruh pertumbuhan usaha kecil dan menengah (ukm) terhadap pertumbuhan perekonomian di indonesia tahun 2010-2014

Text

Pengaruh pertumbuhan usaha kecil dan menengah (ukm) terhadap pertumbuhan perekonomian di indonesia tahun 2010-2014



PEMBIMBING:Hedwigis Esti Riwayati_Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu tolak ukur pertumbuhan perekonomian Provinsi di Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan PDRB yaitu dengan adanya pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan UKM antara lain banyaknya usaha UKM, jumlah tenaga kerja UKM, pendapatan UKM, dan pengeluaran UKM. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 32 provinsi di Indonesia dari tahun 2010-2014. Adapun provinsi yang tidak masuk dalam persyaratan sampel adalah provinsi yang berdiri kurang dari 15 tahun. Provinsi tersebut adalah Provinsi Kalimantan Utara dan Papua Barat. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya usaha UKM berpengaruh negatif signifikan terhadap PDRB. Jumlah tenaga kerja UKM berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap PDRB. Pendapatan UKM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap PDRB. Pengeluaran UKM berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap PDRB. Banyak usaha UKM, jumlah tenaga kerja UKM, pendapatan UKM, dan pengeluaran UKM berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Produk Domestik Regional Bruto.



Availability

SM-170389SM-170389Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SM-170389
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xii;60hlm.:ilus.; 30cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SM-170389
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
Koleksi ini juga tersedia dalam bentuk softcopy. Untuk dapat mengakses softcopy, pemustaka wajib melakukan login ke Member Area dengan menggunakan NIM/No.Reg sebagai Member ID dan password. Hubungi pustakawan melalui email ke perbanas.library@perbanas.id atau reza.fauzi@perbanas.id untuk mendapatkan password.
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment