Record Detail
Text
Formulasi Strategi Bersaing Perusahaan Pompa (Studi Kasus: Pt. Ksb Indonesia)
Pembimbing :Wilfridus B. Elu,--Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi alternatif strategi
pemasaran dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternal perusahaan,
sehingga diharapkan perusahaan dapat bersaing dalam menjual produknya baik
domestik ataupun menjual produknya ke pasar ekspor. Penelitian dilakukan pada
bagian pemasaran (Marketing). Penelitian dilakukan karena bagian pemasaran
dirasakan belum memaksimalkan potensi serta menerapkan manajemen strategi
tepat. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Konsep dasar
penelitian ini bersumber kepada Strategy Formulation Framework dari Fred R.
David.
Konsep penelitian ini dilakukan berdasarkan 3 (tiga) tahapan, pertama
adalah tahapan input (The Input Stage) yang terdiri dari analisa lingkungan internal
(matriks IFE), Analisa lingkungan eksternal (matriks EFE) dan analisa Competitive
Profile Matrix (CPM matriks). Tahapan kedua adalah tahapan pencocokan (The
Matching Stage) yakni Analisa matriks IE, matrik BCG, matriks SPACE dan
SWOT. Tahapan terakhir dari penelitian ini adalah tahap pengambilan keputusan
(The Decision Stage) dengan analisa menggunakan matrik Quantitative Strategic
Planning Matrix (QSPM). Hasil analisa dari matriks IFE didapat skor 2,57
sedangkan matriks EFE dengan skor 2,80 sehingga posisi perusahaan pada analisa
matriks IE berada pada koordinat (2,57;2,80) yakni pada kuadran V atau pada posisi
sedang (hold and maintain) atau pertahankan dan dijaga. Strategi untuk perusahaan
yang berada pada kuadran V adalah strategi yang bersifat intensif (penetrasi pasar,
pengembangan pasar dan pengembangan produk) atau strategi yang bersifat
integrative (integrasi ke depan, dan atau integrasi horisontal).
Availability
TM-240660 | TM-240660 | Digital | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TM-240660
|
Publisher | Perbanas Institute : Jakarta., 2019 |
Collation |
ix,168 hlm,;ilus
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TM-240660
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
Carrier Type |
-
|
Edition |
S2 Manajemen
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available