Record Detail
Text
Penerapan Metode Design Thinking Pada Rancangan Ui/Ux Aplikasi Berbasis Website Sassive Studio
Pembimbing : Nani Krisnawaty Tachjar--Pesatnya perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, salah satunya pada bidang
internet, mengubah cara hidup yang dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan
teknologi. mulai dari cara berinteraksi, media sosial hingga belanja. Jika sebelumnya
berbelanja pakaian dilakukan secara luring, namun dengan adanya internet berbelanja
dapat dilakukan secara daring. Dengan perkembangan teknologi belanja dapat diakses
secara daring melalui situs web. Banyak sekali toko-toko yang telah memanfaatkan
teknologi untuk usahanya, contohnya situs web sebagai alternatif untuk memasarkan
produk-produk jualannya. Sassive Studio juga memanfaatkan situs web sebagai
wadah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna serta memasarkan
produknya. User Interface (UI) dan User Experience (UX) adalah salah satu
perkembangan teknologi yang dapat memanfaatkan sarana digital maupun internet
untuk melakukan perancangan situs web yang dapat dilihat dan digunakan secara baik
serta meningkatkan kenyaman dalam menggunakan situs web tersebut. Sassive
mempunyai produk seperti kaos, kemeja dan jaket. Desain Sassive menggambarkan
tentang isu yang ada di sekitar yang diimplementasikan ke dalam visual. Banyak situs
web toko yang tidak memperhatikan visual dan setiap fitur yang digunakan. Situs web
saat ini masih belum memiliki beberapa fitur yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu
seperti fitur Sign in, Search product, Wishlist, Rating User, Continue Shopping.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perancangan aplikasi berbasis web untuk
mengatasi permasalahan dalam hal memenuhi kebutuhan informasi produk dan fitur
yang dibutuhkan pengguna. Dalam melakukan pengujian usability dan user
experience pada prototype menggunakan System Usability Scale (SUS) yang
mendapatkan score sebesar 76 yang artinya prototype situs web Sassive Studio dapat
diterima oleh pengguna atau memenuhi kepuasan pengguna. Dan dari pengujian user
experience menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukan hasil
rata-rata tertingginya yaitu pada aspek daya tarik berjumlah 1,856. Berikutnya diikuti
aspek kejelasan sebesar 1,841, aspek efesiensi berjumlah 1,784, aspek stimulasi
berjumlah berjumlah 1,341, aspek ketepatan berjumlah 1,102, dan terakhir aspek
kebaruan sejumlah 1,659. Berdasarkan nilai yang didapatkan rancangan yang dibuat
artinya telah mendapatkan respon positif dari pengguna.
Availability
SSI-240392 | SSI-240392 | Digital | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
SSI-240392
|
Publisher | Perbanas Institute : Jakarta., 2023 |
Collation |
vi, 97 hlm,; ilus
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
SSI-240392
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
Carrier Type |
-
|
Edition |
S1 Sistem Informasi
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available