Record Detail

Image of Strategi Meningkatkan Loyalitas Nasabah Mobile Banking (M-Smile) Bank Mega melalui Promosi, Inovasi Produk, Kualitas Layanan dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening

Text

Strategi Meningkatkan Loyalitas Nasabah Mobile Banking (M-Smile) Bank Mega melalui Promosi, Inovasi Produk, Kualitas Layanan dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening



Pembimbing: Rusdi Ishak Musa Ishaq-- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh promosi, inovasi

produk, dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah di mobile banking (M-
Smile) Bank Mega, dengan citra merek sebagai variabel intervening. Untuk

menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan loyalitas nasabah bank melalui
penggunaan mobile banking. Populasi penelitian adalah pengguna mobile banking
Bank Mega (M-Smile). Promosi, inovasi produk, dan kualitas layanan adalah
variabel bebas atau eksogen, dan loyalitas nasabah adalah variabel terikat atau
endogen, serta citra merek sebagai variabel intervening. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 400 responden. Teknik
pengambilan sampel adalah pengumpulan data melalui survei. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan
bantuan software SmartPLS versi 4.0.9.3. Hasil penelitian membuktikan bahwa
variabel kualitas layanan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah, sedangkan variabel promosi dan inovasi produk tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah. Variabel promosi dan kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Namun variabel inovasi produk tidak
berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Variabel promosi dan kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah melalui citra merek. Variabel
citra merek mampu memediasi promosi dan kualitas layanan terhadap loyalitas
nasabah. Hasil penelitian memperlihatkan bagaimana rencana strategi yang dapat
diambil dalam meningkatkan loyalitas nasabah mengacu pada analisis yang telah
dilakukan, sehingga dapat memilih strategi yang tepat yaitu strategi intensif citra
merek diikuti dengan peningkatan kualitas layanan dan inovasi produk.



Availability

TM-240579TM-240579DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TM-240579
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
xi, 180 hlm.; ilus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TM-240579
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S2 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment