Record Detail

Image of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 Hingga 2020)

Text

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 Hingga 2020)



Pembimbing: Tiolina Evi -- Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan saham perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif lebih rendah jika dibandingkan harga dipasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Earning per Share, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Return on Assets terhadap tingkat underpricing pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang melakukan initial public offering di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 hingga 2020. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 161 perusahaan. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi spss versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Earning per Share, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan dan Return on Assets tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO). Sedangkan, untuk variabel Umur Perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap tingkat underpricing pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO).



Availability

SA-222747SA-222747DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-222747
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
viii, 112 hlm.; illus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-222747
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment