Record Detail

Image of Analisis Pengaruh Non Performing Loan pada Peer To Peer Lending terhadap Penyaluran Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan Penerapan Credit Scoring (Studi pada Umkm di Indonesia Periode 2018-2020)

Text

Analisis Pengaruh Non Performing Loan pada Peer To Peer Lending terhadap Penyaluran Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan Penerapan Credit Scoring (Studi pada Umkm di Indonesia Periode 2018-2020)



Pembimbing: Hedwigis Hesti Riwayati -- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dari tahun ke tahun tetapi masih sulit untuk mendapatkan akses pembiayaan di perbankan karena persyaratan yang banyak dan proses yang panjang (unbankable). Adanya perusahaan fintech lending, salah satunya Peer to Peer Lending hadir untuk menjawab permasalahan akses keuangan masyarakat pada lembaga keuangan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan terhadap Penyaluran Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan penerapan Credit Scoring sebagai variabel intervening (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia Periode 20182020). Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses data melalui website PT Amartha Mikro Fintek dan Otoritas Jasa Keuangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh penulis. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Software Eviews 10. Analisis ini meliputi uji statistik, uji asumsi klasik dan uji analisis jalur. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa variabel Non Performing Loan berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit UMKM. Variabel Non Performing Loan dan Credit Scoring tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Berdasarkan uji analisis jalur, Credit Scoring mampu memediasi pengaruh Non Performing Loan terhadap penyaluran kredit UMKM.



Availability

SM-222630SM-222630Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SM-222630
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
viii, 88 hlm.; illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SM-222630
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment