Record Detail

Image of Aplikasi Booking Pelayanan Jasa Make Up Menggunakan Metode First In First Out (Fifo) Berbasis Android

Text

Aplikasi Booking Pelayanan Jasa Make Up Menggunakan Metode First In First Out (Fifo) Berbasis Android



Pembimbing:Nani Krisnawaty Tachjar-- Perancangan sistem booking secara online yang berbasis android merupakan salah satu bagian penting dalam meningkatkan pelayanan khususnya suatu layanan jasa make up. Permasalahan yang ditemukan pada Fatmayunitta_make.up dan Make Up Artist (MUA) lain pada umumnya masih menggunakan sms dan telepon sebagai media untuk komunikasi antara pelanggan dan MUA sehingga kurang efektif serta masih menggunakan media sosial sebagai media untuk promosi dan transaksi pemesanan.
Dalam proses antriannya, Fatmayunitta_make.up masih menggunakan sistem booking dimana pelanggan yang pesan duluan yang akan dilayani lewat pesan chatting, tetapi dalam hal ini MUA mengalami banyak kendala dan pelanggan mengalami kesulitan menentukan MUA serta MUA yang slow response karena banyaknya pesan yang masuk dan jadwal yang menumpuk. Maka dari itu, hal ini mengakibatkan timbulnya masalah seperti antrian pelanggan yang cukup padat, terlebih lagi ketika pada waktu-waktu tertentu seperti musim pernikahan sehingga membuat para pelanggan harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan jadwal yang bisa dilakukan oleh MUA. Kebutuhan ini dapat diakomodasi dengan menyediakan suatu layanan aplikasi booking pelayanan jasa make up. Perancangan sistem ini menggunakan metode First In First Out (FIFO) yang dapat membantu MUA dalam mengatur antrian dan analisis dilakukan dengan observasi dan studi literatur pada sistem yang berjalan serta dilakukan pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Metode perancangan proses berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan Unified Model Language (UML).
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi booking pelayanan jasa make up berbasis android yang diharapkan dapat membantu mempermudah mendapatkan informasi yang lengkap yang dibutuhkan pelanggan dan transaksi yang mudah antara pelanggan dan MUA sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.



Availability

STI-220073STI-220073Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
STI-220073
Publisher Perbanas Instittute : Jakarta.,
Collation
viii, 144 hlm.: ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
STI-220073
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Teknik Informatika
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment