Record Detail

Image of Rancang Bangun Aplikasi Optimasi Muatan Barang Dengan Metode Dynamic Programming Menggunakan Pendekatan Algoritma Pada Persoalan Knapsack Integer (Studi Kasus Cv. Global Pindah)

Text

Rancang Bangun Aplikasi Optimasi Muatan Barang Dengan Metode Dynamic Programming Menggunakan Pendekatan Algoritma Pada Persoalan Knapsack Integer (Studi Kasus Cv. Global Pindah)



Pembimbing:Lely Priska-- CV. Global Pindah merupakan perusahaan jasa pengiriman barang. Pada proses bisnisnya CV. Global Pindah melakukan pengiriman barang berdasarkan pesanan dari pelanggan melalui media telepon. Petugas mencatat detail barang yang akan dimuat dan mencarikan jenis truk yang sesuai dengan kebutuhan. Proses pencarian jenis truk saat ini membutuhkan waktu yang lama, karena petugas harus menghitung total bobot muatan barang dan ukuran barang. Permasalahan ini biasa disebut dengan Knapsack Problem. Penelitian ini untuk mempermudah proses optimalisasi muatan barang pada kendaraan di CV. Global Pindah dengan cara mengimplementasikan aplikasi optimasi muatan barang menggunakan algoritma dynamic programming. Metode dynamic programming menyelesaikan persoalan dalam beberapa langkah yang dinamis berdasarkan kebutuhan. Parameter yang menjadi acuan proses analisa
adalah total bobot muatan barang dan total volume barang. Jenis truk yang memiliki nilai parameter dibawah nilai kebutuhan muatan barang akan tereliminasi. Begitu juga sistem usulan melakukan perbandingan harga operasional truk, sehingga didapatkan harga truk paling murah. Sistem usulan memberikan solusi mempermudah dan mengoptimasikan pemilihan kendaraan saat digunakan untuk pindahan sehingga lebih efisien dalam biaya operasional yang dikeluarkan.



Availability

STI-220068STI-220068DigitalAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
STI-220068
Publisher Perbanas Instittute : Jakarta.,
Collation
xii, 155 hlm.: ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
STI-220068
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Teknik Informatika
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment