Record Detail
Text
Pengaruh Servicescape, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Marugame Udon Botani Square Mall Bogor
Pembimbing: Erna Wahyuningsih -- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Marugame Udon Botani Square Mall Bogor. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah semua pelanggan restoran Marugame Udon cabang Botani Square Mall Bogor; sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan cara yang dikemukakan oleh Malhotra. Data penelitian yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada sampel atau responden sebanyak 105 orang responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Marugame Udon; (2) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Marugame Udon; (3) Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Marugame Udon. Uji F menunjukan bahwa servicescape, kualitas pelayanan, dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Marugame Udon Botani Square Mall Bogor. Uji R menunjukan bahwa variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 64%. Rekomendasi yang diberikan antara lain, mengisolasi sumber kebisingan, penyusunan ulang barang yang masih terpakai atau sudah tidak terpakai, melakukan pelatihan pelayanan prima secara berkala, melakukan pelatihan SOP secara berkala dan melakukan pemantauan produk oleh bagian Quality Control, serta memberikan promo-promo menarik (bundling produk, promo buy one get one, atau pemberian loyalty point).
Availability
SM-221686 | SM-221686 | Digital | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
SM-221686
|
Publisher | Perbanas Institute : Jakarta., 2021 |
Collation |
xvi, 189 hlm.: illus
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
SM-221686
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
Carrier Type |
-
|
Edition |
S1 Manajemen
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available