Record Detail

Image of Penerapan Manajemen Strategik Model Resource Based View (Rbv) Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Selatan I

Text

Penerapan Manajemen Strategik Model Resource Based View (Rbv) Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Selatan I



Pembimbing: Umbas Krisnanto-- Memahami sumber daya keunggulan kompetitif berkelanjutan pada perusahaan menjadi area penting dalam penelitian terkait dengan manajemen strategik, termasuk instansi pemerintahan. Pemerintah dituntut untuk dapat menetapkan strategi bersaing yang tepat dalam mengantisipasi ancaman persaingan, memanfaatkan peluang yang ada. Ancaman dan peluang tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan resource based view (RBV) untuk memahami keunggulan kompetitif yang dimiliki. Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Selatan I merupakan salah satu lembaga pemerintahan di bidang pajak yang juga dapat menerapkan RBV dalam manajemen strateginya, untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang baik, manajemen dapat menerapkan manajemen strategik model resource based view.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) sumber daya yang dimiliki Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Selatan I; 2) kapabilitas yang dimiliki Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Selatan I; 3) penerapan model resource based view dalam menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Selatan I.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu pegawai Kantor Pajak Madya Jakarta Selatan I. Kriteria yang digunakan yaitu pegawai yang telah bekerja di Kantor Pajak Madya Jakarta Selatan I selama lebih dari 5 tahun. Data dikumpulkan menggunakan studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sumber daya yang dimiliki KPP Madya Jakarta Selatan I dan berpotensi menjadi keunggulan kompetitif yaitu memiliki tenaga ahli sesuai jabatan dan fungsinya; memiliki budaya organisasi yang dapat meningkatkan kedisiplinan dan pelayanan; memiliki teknologi terbarukan berupa e-billing; serta memiliki asas pelayanan publik. Kapabilitas yang dimiliki dan berpotensi menjadi keunggulan kompetitif yaitu pegawai dengan kompetensi sesuai dengan bidangnya; program pendidikan dan pelatihan khusus untuk tiap pegawai; pegawai dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi; serta memiliki tiga jenis pelayanan, yaitu Account Representative (AR), Tempat Pelayanan Terpadu (TPT), hingga penyediaan pelaporan dan pembayaran secara daring. Manajemen strategik berdasarkan model resource based view yang dapat diterapkan yaitu menggencarkan pelayanan Account Representative (AR), dengan menawarkan program edukasi perpajakan kepada masyarakat,



Availability

TM-220526TM-220526Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TM-220526
Publisher Perbanas Instittute : Jakarta.,
Collation
ix, 69 hlm.: ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TM-220526
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S2 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment