Record Detail

Image of Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013 - 2018)

Text

Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013 - 2018)



Pembimbing: Hedwigis Esti Riwayati-- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahan, pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas serta apakah profitabilitas dapat memediasi pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) Perusaahaan manufaktur otomotif yang terdaftar dan berstatus go-public di BEi tahun 2013 - 2018; (2) Tersedia laporan keuangan tahunan selama periode penelitian 2013 - 2018; (3) Telah berdiri setidaknya > 10 tahun pendirian perusahaan (mempresentatifkan kemampuan perusahaan dalam pengelolaan modal); (4) Telah IPO dalam kurun waktu > 5 tahun maka didapatkan 10 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Teknik analisis yang digunakan adalah dokumentasi dari laporan keuangan tahunan dan data diperoleh dari BEi. Dalam penelitian ini struktur modal diproksikan dengan DER, pertumbuhan perusahaan diproksikan dengan perubahaan total aktiva, profitabilitas diproksikan dengan ROA dan nilai perusahaan diproksikan dengan PBV. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah eviews 10. Hasil analisis menunjukan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, begitu juga dengan struktur modal tidak berpengaruh
terhadap profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negap.f terhada,p nilai
perusahaan. Besar nya pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan sebesar 15,3 % dan pengaruhnya secara bersama sebesar (R-square) 85% sedangkan sisanya 15 % dipengaruhi oleh faktor lainnya. Pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas sebesar 40% dan pengaruhnya secara bersama sebesar 58% sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh factor lainnya. Dari basil uji sobel yang dilakukan bahwa profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan.



Availability

TM-220490TM-220490Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TM-220490
Publisher Perbanas Instittute : Jakarta.,
Collation
xii, 75 hlm.: ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TM-220490
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S2 Manajemen
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment