Record Detail

Image of Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Variabel Ekonomi Makro Terhadap Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Text

Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Variabel Ekonomi Makro Terhadap Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)



Pembimbing : Rachmat Indratjahaja -- Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari kinerja keuangan dan variabel ekonomi makro terhadap financial distress. Kinerja keuangan diukur dengan profitabilitas, likuiditas, dan leverage sedangkan variabel ekonomi makro diukur dengan inflasi dan tingkat suku bunga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mana data sekunder diperoleh dari laman website Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yang didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode tersebut didapatkan sebanyak 95 data dari 19 perusahaan manufaktur sektor aneka industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan program aplikasi pengolah data SPSS (Statistical Package Social Sciences) versi 20. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas yang diukur dengan return on equity memiliki pengaruh signifikan yang negatif terhadap financial distress, sedangkan variabel likuiditas yang diukur dengan current ratio, leverage yang diukur dengan debt to asset, inflasi dan tingkat suku bunga tidak memiliki pengaruh terhadap financial distress.



Availability

SA-221786SA-221786Perpustakaan PusatAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SA-221786
Publisher Perbanas Institute : Jakarta.,
Collation
vii, 97 hlm.: illus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SA-221786
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
S1 Akuntansi
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment